Mobile Menu

navigasi

More News

Jangan Asal Pilih, Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Pembuatan Kemasan Produk

August 07, 2021




Seiring meningkatnya usaha bisnis UMKM di kalangan pelaku usaha, apalagi di kalangan anak muda yang memiliki inovasi, kreativitas, dan jiwa wirausaha yang cukup bagus, membuat jasa pembuatan kemasan produk ikut berpengaruh. Banyak pelaku usaha yang mencari dan menggunakan jasa tersebut untuk meningkatkan kualitas produk untuk mampu bersaing di kalangan bisnis sejenisnya. 

Hal utama yang perlu diketahui pada pelaku usaha bisnis adalah dengan mempertimbangkan kemasan profesional untuk produk anda. Jika ingin memiliki ciri khas pada produk yang anda kembangkan, maka salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan packaging/kemasan yang menarik, berkualitas, memudahkan konsumen dalam pembawaan barang, dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Anda tentunya harus mengetahui karakteristik kemasan profesional yang baik sebelum memilih jasa pembuatan kemasan produk.

1. Multifungsi

Sebuah kemasan yang dapat menarik perhatian konsumen adalah kemasan yang mampu memiliki kesederhanaan namun berfungsi dengan baik bagi produk anda. Hal ini perlu sekali diperhatikan bagaimana kemasan yang baik dengan memiliki fungsi yang banyak, serta memudahkan konsumen untuk disimpan maupun dibawa, sehingga konsumen merasa puas dan senang ketika membeli produk yang anda tawarkan. 

2. Keamanan Produk Terjamin

Sebelum memilih jasa pembuatan kemasan produk, teliti terlebih dahulu bagaimana bahan kemasan yang akan digunakan ataupun yang ditawarkan oleh jasa tersebut, apakah aman untuk produk anda atau tidak. Pertimbangkan hal tersebut jangan sampai memengaruhi kualitas dari produk yang anda pasarkan. Jadi, perlu sekali sebagai pelaku usaha untuk melihat kekurangan dan kelebihan tiap bahan kemasan yang akan dipilih dan resiko dari kemasan itu sendiri. 

3. Mudah Dikenali Konsumen

Semakin unik kemasan anda, semakin mudah dikenal konsumen. Kemasan yang cukup unik atau berbeda dari yang lain mampu menambah nilai penjualan, baik dari bentuk, bahan yang digunakan, hingga cara pemakaian atau cara untuk mengonsumsinya. Produk anda akan memberikan kesan berbeda kepada konsumen, sehingga akan mudah dikenali dan konsumen tidak kesulitan menari produk di pasaran. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih kemasan sekaligus desain dari kemasan tersebut. Produk yang memiliki ciri khas akan memberikan kesan berbeda dan unik. 

4. Memberikan Informasi Bahan dan Izin Penggunaan Bahan

Kemasan tidak hanya sekedar kemasan yang bagus dari segi bentuk, bahan, dan desain. Produk yang baik adalah produk yang bisa memberikan informasi terkait bahan dan keresmian bahan yang digunakan pada kemasan tersebut. Jika tidak ada ruang pada kemasan untuk memberikan informasi produk, maka anda perlu pertimbangkan kembali, karena kunci utama terjaganya konsumen pada produk anda adalah kepercayaan. Mereka akan mempertanyakan “Apakah produk ini aman?”, maka penting sekali sebagai pelaku usaha untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen melalui informasi bahan dan izin penggunaan bahan. Jangan sampai anda tidak teliti dan telah melakukan cetak kemasan produk pada jasa printing atau supplier. 

5. Memudahkan Konsumen dalam Pengonsumsian

Konsumen sangat menyukai sesuatu yang praktis atau fleksibel, maka kemasan yang anda pilih juga harus memberikan kemudahan pada konsumen dalam pengonsumsian produk anda. Kemasan yang mudah digunakan atau mudah dibuka dan ditutup (untuk produk makanan/sejenisnya) menjadi hal utama yang menjadi alasan konsumen membeli produk anda. Jadi anda jangan lupakan hal ini ya sebelum melakukan cetak kemasan produk, perhatikan baik-baik!

6. Estetis

Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing dengan istilah estetis. Karakteristik ini merupakan karakteristik paling utama atau yang paling dilihat terlebih dahulu, karena biasanya para desainer pemula akan memikirkan kemasan yang menarik secara estetika. Tujuannya agar produk yang akan dijual menarik perhatian konsumen dan banyak diminati, padahal hal itu belum tentu benar selamanya. Jika anda ingin mengetahui, presentase aspek estetika pada kemasan hanya berperan 10% karena sebagian besar peran dilakukan dan dipengaruhi oleh seberapa besar tingkat promosi pada produk yang ditawarkan dan dikenalkan di pasaran melalui strategi pemasaran yang baik. 

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jasa pembuatan kemasan produk yang tepat dan sesuai dengan produk yang anda butuhkan. Perhatikan tiap-tiap hal di atas agar produk yang anda pasarkan tidak memiliki resiko yang terlalu tinggi akibat kelalaian anda. Apabila anda masih belum menemukan supplier yang cocok dengan kebutuhan produk anda, jangan ragu untuk menghubungi Supernova Digipack yang bisa menjadi solusi dan andalan anda dalam membuat kemasan produk profesional. Kunjungi website kami supernovadigipack.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment